Rusia Terkena Sanksi, Dilarang Mengikuti Ajang Olimpiade 2020 & Piala Dunia 2022

Rusia Terkena Sanksi, Dilarang Mengikuti Ajang Olimpiade 2020 & Piala Dunia 2022

Skandal terbesar sepak bola Internasional kali ini membahas mengenai terkenanya sanksi terhadap Timnas Rusia yang dilarang mengikuti ajang sepak bola sampai 4 tahun kedepan.

Badan Anti Doping Dunia (WADA), telah mengkonfirmasi mengenai hukuman tersebut di Lausanne, Swiss setelah mendapatkan rekomendasi dari komite Peninjau kepatuhan Independen (CRC).

Kenapa hal ini bisa terjadi? rupanya timnas Rusia diketahui telah melakukan manipulasi data doping pemain-pemainnya pada ajang Olimpiade Musim Dingin di Sochi pada tahun 2014 lalu.

Sebenarnya penyelidikan masalah ini sudah dimulai dari awal tahun 2019, dimana WADA telah mengeluarkan deklarasi mengenai ketidak kompetenan dan ketidak patuhan Russian Anti Doping Agency (Rusada) dalam hal transparansi data test atlit negara mereka.

Alhasil keputusan yang telah dijatuhkan tersebut membuat Rusia dilarang untuk mengikuti ajang Internasiona seperti Olimpiade Tokyo 2020, Olimpiade Musim dingin Beijing 2022 dan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Walaupun begitu, Rusia masih bisa menyelenggarakan pertandingan Euro 2020 di negara mereka dan mengikuti pertandingan babak Euro 2020 karena sanksi tersebut hanya berlaku untuk event Internasional, bukan event regional seperti Euro.

Sebenarnya Rusia sendiri sudah terkena sanksi pada ajang Olimpiade musim dingin di PyeongChang, Korea Selatan dimana Atlete Rusia yang akan bertanding tetap boleh mengikuti ajang tersebut tetapi tidak membawa bendera negara Rusia tetapi Bendera Putih (Bendera Netral).

atlit rusia berbendera netral di olimpiade musim dingin 2019

Secara Lengkap, berikut ini adalah sanksi yang diberikan bagi Rusia

  1. Rusia tidak boleh menjadi tuan rumah, atau mengajukan penawaran atau diberikan hak untuk menjadi tuan rumah acara besar selama empat tahun
  2. Rusia mungkin tidak mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan Paralimpiade, terlepas dari apakah penawaran berlangsung selama atau setelah periode empat tahun.
  3. Bendera negara itu tidak boleh dikibarkan di acara besar apa pun yang dipentaskan dalam periode empat tahun
  4. Atlit Rusia dan personel pendukungnya hanya boleh berpartisipasi dalam acara besar yang diadakan dalam periode empat tahun jika mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak terlibat hal apapun masalah ketidakpatuhan. Dalam keadaan seperti itu para atlet ini akan bersaing dibawah bendera netral
  5. Ketika hak untuk menjadi tuan rumah acara besar dalam periode empat tahun telah diberikan kepada Rusia, penyelenggara harus mencabut hak tersebut dan memberikannya ke negara lain, kecuali jika secara hukum atau secara praktek tidak mungkin untuk dilakukan.

About Cak Noris

Fans Die Mannschaft. Plis kalau lagi nonton bola jgn di ajak ngobrol, ntar gw jadi ga fokus.

View all posts by Cak Noris →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *